Rabu, 05 Oktober 2011

Bakteri gram negatif anaerobik

Sel bentuk batang lurus atau lengkung, kadang memperlihatkan sifat pleomorfik ( adanya berbagai bentuk dalam spsies yang sama). Motil selnya peritriks atau monotrik, dan beberapa spesies nonmotil.
Ciri biokimiawi banyak sekali produk yang dihasilkan dari fermentasi glukosa. Anaerob obligat. Habitat: rongga alamiah pada manusia dan hewan, dan saluran pencernaan serangga. Contoh: Bacteriodes, Fusobacterium

Kelompok 10. Bakteri Kokus dan Kokobasillus gram negatif
Sel kokus berpasangan (diplokokus) dan dalam massa, beberapa kokobasil (batang pendek) terdapat tunggal atau berpasangan. Nonmotil, Gram negative. Aerobic.
Ciri biokimiawi berkemampuan terbatas untuk merombak berbagai senyawa (kh, protein dll).
Habitat di selaput lendir manusia dan hewan, kadang bersifat pathogen. Contoh: Neisseria gonorhoeae, N. meningitidis, Moraxella .

Kelompok 11. Bakteri Kokus anaerobik                 gram negatif
Penetapan kelompok ini berdasarkan ciri-ciri biokimiawi biakan. Sel ada yang sangat kecil (0,3-0,5µm) sampai sel bulat yang besar (2,5µm) berpasangan (dlm massa) atau rantai.
Nonmotil. Anaerobic. Ciri biokimiawi merombak kh dan as. Lemak.
Habitat dianggap parasit di saluran pernafasan dan pencernaan manusia dan hewan, tapi tidak pathogen. Contoh: Veillonella, Megasphaera.

Veillonella spp. jarang menyebabkan infeksi pada manusia.. Kami melaporkan kasus Veillonella endokarditis didokumentasikan dengan mengisolasi suatu tumbuh, gram-negatif mikroba lambat dalam kultur darah. mikroba ini diidentifikasi sebagai spesies baru Veillonella diakui montpellierensis (100 homologi%) oleh analisis gen 16S urutan RNA.
 V. Veillonella adalah anaerobik, gram-negatif cocci, bagian dari flora normal mulut, saluran pencernaan, dan saluran vagina. V. atypica, dan V. parvula telah kultur dari spesimen manusia.. Mereka jarang terisolasi pada infeksi manusia.. Jarang, spesies Veillonella telah menjadi agen etiologi hanya diidentifikasi dalam infeksi serius seperti meningitis, osteomyelitis, infeksi sendi prostetik, infeksi pleuropulmonary, endokarditis, dan bakteremia.,. Sebuah spesies baru, V. montpellierensis, baru-baru ini diisolasi dari cairan lambung bayi yang baru lahir dan dari cairan ketuban dari 2 perempuan ( 1 ).. peran patogenik adalah masih diperdebatkan.


Kelompok 12. Bakteri gram negatif kemolitotrofik
Kelompok ini berkemampuan untuk menghasilkan energy dari oksidasi zat-zat kimia anorganik (kemolitotrofik). Morfologi sel beragam: bulat, batang, spiral, membrane berlapis banyak pada beberapa spesies, bakteri pengoksidasi belerang dapat menyimpan butir-butir belerang .
Motil karena berflagela atau nonmotil. Gram negative.
Habitat: tanah, limbah , lingkungan aquatic, lingkungan alamiah yang banyak mengandung belerang, besi atau mangan, misalnya air tambang asam dan sumber air panas belerang. Contoh: Nitrobacter, Nitrococcus, Nitrosobolus dan Thiospira. \

Nitrobacter adalah genus dari sebagian besar berbentuk batang, gram negatif , dan chemoautotrophic bakteri. [1]
Nitrobacter memainkan peran penting dalam siklus nitrogen dengan mengoksidasi nitrit menjadi nitrat dalam tanah. Tidak seperti tanaman, di mana transfer elektron dalam fotosintesis menyediakan energi bagi fiksasi karbon, Nitrobacter menggunakan energi dari oksidasi nitrit ion, NO 2 -, menjadi nitrat ion, NO 3 - memenuhi mereka. Persyaratan karbon untuk [1]
N Nitrobacter memiliki optimum pH antara 7,3 dan 7,5, dan akan mati dalam suhu melebihi 120 ° F (49 ° C) atau di bawah 32 ° F (0 ° C). [1]
Beberapa sumber menganggap Nitrobacteraceae menjadi keluarga Nitrobacter genus. Spesies di genus Nitrobacter termasuk Nitrobacter winogradskyi , Nirobacter hamburgensis , Nitrobacter vulgaris dan Nitrobacter alkalicus . [2] Menurut Grundmann, Nitrobacter tampaknya tumbuh optimal pada 38 ° C dan pada pH 7,9, tetapi Holt menyatakan bahwa Nitrobacter tumbuh optimal pada 28 ° C dan tumbuh dalam rentang pH 5,8 -8,5 dan memiliki pH antara 7,6 optima dan 7,8. [2] [3] Nitrobacter milik α-subclass dari Proteobacteria. [3] [4]
Nitrobacter dapat berupa batang berbentuk, berbentuk buah pir atau pleomorfik. Sel biasanya berkembang biak dengan tunas (Holt, 1993). Carboxysomes yang membantu fiksasi karbon ditemukan dalam sel-sel lithoautotrophically dan mixotrophically tumbuh. inklusi energi tambahan konservasi adalah butiran PHB dan polifosfat.. Ketika kedua nitrit dan zat organik yang hadir, sel dapat menunjukkan pertumbuhan biphasic, pertama nitrit yang digunakan dan setelah fase lag, bahan organik teroksidasi. Chemoorganotrophic pertumbuhan lambat dan tidak seimbang sehingga lebih butiran poli-β-hidroksibutirat terlihat yang mendistorsi bentuk dan ukuran sel.
. Nitrobacter memainkan peran penting dalam aquaponics . Nitrosomonas bakteri pertama mengubah amoniak menjadi nitrit. Nitrobacter mengubah nitrit menjadi nitrat, yang mudah diserap oleh tanaman.


Kelompok 13. Bakteri penghasil metan
Ciri kelompok ini kemampuannya menghasilkan metan, yaitu gas yang dibentuk dalam keadaan anaerobic. Morfologi sel: bola, batang dan spiral. Motil karena flagella kutub atau nonmotil.
Gram negative atau gram positif. Anaerobic. Beberapa spesies termofilik.
Habitat: saluran gastrointestinal pada binatang, endapan pada lingkungan aquatic dan limbah. Contoh: Methanobacterium thermoauto-trophicus, M. ruminantium, Methanospirillum, Methanosacina barkeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar